Ini Kesan Moeldoko Terhadap Maulwi Saelan

Moeldoko, menyampaikan kesan mendalam terhadap Maulwi Saelan, eks kiper andalan Timnas Indonesia sekaligus mantan Ketua Umum PSSI yang meninggal dunia pada Senin tanggal 11 Oktober 2016 kemarin.
Satu hal yang saya kagumi dari diri beliau dan merasa perlu diwarisi kepada pemain muda Indonesia adalah kita mendapatkan posisi yang sangat terhormat di mata dunia pada era beliau ada di Timnas Indonesia, tutur Moeldoko di Jakarta beberapa waktu lalu.
Saat itu kita pernah menahan imbang Rusia dengan skor 0-0. Saya melihat beliau memiliki semangat yang luar biasa. Saya kagum dengan semangat beliau, lanjut mantan Panglima TNI ini.
Seperti kata Moeldoko, salah satu penampilan terbaik Maulwi Saelan adalah ketika ia sukses menahan gempuran para pemain Rusia di Olimpiade Melbourne 1956 dan membuat Timnas Indonesia mampu memaksakan hasil imbang 0-0.

Maulwi Saelan juga turut mengantarkan Timnas Indonesia menembus jajaran 4 besar Asian Games 1954 dan meraih medali perunggu di Asian Games 1958. Ia juga menjadi Ketua Umum PSSI periode 1964-1967.
Selain aktif di kancah sepakbola, Maulwi Saelan juga dikenal sebagai pejuang kemerdekaan, pendiri Taman Siswa di Makassar, sekaligus pernah menjadi salah satu pengawal pribadi Presiden Republik Indonesia yang pertama, Ir. Soekarno.
Maulwi Saelan meninggal dunia dalam usia 90 tahun pada Senin tanggal 10 Oktober 2016 pukul 18.30 WIB di Rumah Sakit Pertamina, Jakarta, karena menderita komplikasi gangguan jantung, ginjal, dan paru-paru. Selamat jalan, sang legenda!

dangersofwateryoyos.com kapaljudi Sumber: Sidomi